Cara Setting Projek Android Studio Agar Menyesuaikan Dengan Semua Type Ukuran Layar - Javasetid
Notifications
Translate Page

Cara Setting Projek Android Studio Agar Menyesuaikan Dengan Semua Type Ukuran Layar

Cara Setting Projek Android Studio Agar Menyesuaikan Dengan Semua Type Ukuran Layar

Salah satu kendala yang sering dihadapi seorang developer android adalah aplikasi yang telah di buat dan dijalnakn pada android tertertentu tidak dapat menyesuaikan dengan aplikasi yang dibuat seperti daftar menu yang tidak tampil sepenuhnya atau ada beberapa fungsi yang hilang dan tak nampak pada layar.

Penyebab ini adalah tidak terkonfigurasinya settingan pada android projek kita sehingga aplikasi tidak mampu menyesuaikan dengan ratio perangkat yang digunakan, untuk mengatasi hal ini maka kita perlu untuk mensetting nya lagi, sebelum masuk pada pembahasan utama sobat harus paham betul ukuran layar yang digunakan

Ukuran layar pada tutorial ini sebagai berikut

1. Ukurang layar 120 dp

2. Ukuran layar 160 dp

3. Ukuran layar 240 dp

4. Ukuran layar 320 dp

5. Ukuran layar  480 dp  dan;

6. Ukuran layar 720 dp.

Setelah sobat memahami dasar dasar ukuran layar tersebut, maka kita lanjut step konfigurasinya, pertama silahkan bukan file projek android sobat 


android projek propedia

Lanjut ke bagian layout dan pilih salah satu layoutnya, kalau sudah terbuka sobat fokus ke bagian kanan atas yang ada tulisannya Activityxxxx menyesuiakan ya, silahkah pilih nanti akan muncul tampilan seperti berikut ini.

tampilan setting untuk layar

Pada gambar sobat silhakan pilih menu Add Resource Qualifier, maka akan terbuka dialog seperti berikut ini.


Silahkan pilih smallest Screen Width maka akan muncul form baru seperti dibawah ini.


Masukan nilai ukuran ratio gambar satu persatu dimulai dengan, 120 dp,160 dp,240 dp,320 dp,480 dp,dan 720 dp, lalu pilih ok, agar maksimal sobat masukkan semuanya, berarti satu layout itu harus ada 6 settingannya.


settingan pada projek android studio


KESIMPULAN

Pada dasarnya ratio sebuah handphone itu berbeda beda, tergantung dari pabriknya, nah disinilah kita sebagai developer harus memikirkan sehingga aplikasi yang kita bangun dapat menyesuaikan dengan perangkat.

Untuk membuat konfigurasi layar tadi, sobat haru membuatnya secara manual satu persatu, semoga artikel ini bermanfaat sampai ketemu lagi pada kesempatan berikutnya. 

Javasetid
Berbagilah selagi itu memang berguna
Posting Komentar